Menulis Atau Mengetik Partitur Lagu Not Angka Dan Not Balok

person-writing-on-sheet-music-200Ada banyak sekali cara untuk menulis atau jika dilakukan dengan komputer, berarti mengetik partitur lagu (SATB, SSA, TTBB, dan lain-lain) baik dengan not angka maupun not balok.

Cara menulis partitur not angka biasanya dilakukan hanya untuk lagu-lagu di Indonesia saja yang menggunakan sistem not angka untuk bernyanyi dalam paduan suara. Sedangkan menulis atau mengetik partitur lagu dengan not balok merupakan standar partitur lagu yang digunakan dalam pergaulan musik dunia.

Yang terutama dan terpenting di dalam cara menulis atau mengetik partitur lagu (not angka maupun not balok) tersebut adalah untuk menjaga kerapian, mudah dibaca, ada standar-standar penulisan yang perlu diperhatikan, terutama jika akan diterbitkan dalam sebuah buku kumpulan lagu untuk paduan suara atau vocal group.

Standar penulisan/pengetikan meliputi :

  • Pemilihan font (jenis dan ukuran huruf) untuk Judul, Nama Komposer/SongWriter/Arranger/dan lain-lain.
  • Margin atau batas kiri, kanan, atas dan bawah dari halaman partitur lagu.
  • Letak penomoran halaman, footer untuk copyright (termasuk pemilihan jenis dan ukuran font).
  • Ukuran not (not angka dan not balok), ukuran syair, jarak antar suara satu dengan yang lainnya (jarak antar staff), jarak antar baris (kelompok suara SATB atau system), dan sebagainya.
  • Standar untuk dinamika, penulisan tempo, dan lainnya.
  • Dan masih banyak hal lain yang perlu diatur secara standar supaya memudahkan para pengguna (penyanyi dan pemain musik) untuk membaca partitur lagu yang digunakan.

Menulis / Mengetik Partitur Lagu Not Angka

Cara menulis atau mengetik partitur lagu not angka di komputer sampai saat ini masih dilakukan secara manual. Belum ada program khusus (software komputer untuk musik) yang dibuat secara istimewa untuk menulis partitur lagu not angka. Mengapa?
Karena partitur lagu not angka hanya digunakan di Indonesia saja (ada satu atau dua negara lain yang juga menggunakan sistem not angka ini, tapi penulis lupa negara mana yang dimaksud).

Cara yang paling sederhana dalam mengetik partitur lagu dengan not angka di komputer adalah sebagai berikut :

  1. Menggunakan software word-processor atau program pengolah kata yang banyak sekali didapatkan di hampir setiap komputer yang ada. Contoh program komputer yang dapat digunakan yaitu : Microsoft Word, iWork (untuk pengguna dalam platform Macintosh), LibreOffice (free download openSource), dan sebagainya.
  2. Memakai font yang dibuat secara khusus untuk penulisan not angka ini. Font jenis ini (font not angka atau notasi angka) sekarang sudah banyak beredar di internet. Karena dengan font not angka (notasi angka) ini, penulisan titik bawah (suara rendah), titik atas (suara tinggi), nada naik dengan coret miring ke kanan, nada turun dengan coret miring ke kiri, garis nada (per delapan, per enambelas, dan sebagainya), tanda lagu seperti garis birama, fermata, segno, coda, dan lain-lain akan mudah dilakukan.
  3. Membuat template dari software atau program komputer yang digunakan, yaitu untuk mengatur jarak antar nada, jarak antar baris suara, jarak antar sistem, margin, dan sebagainya. Pembuatan template ini untuk memudahkan saat akan menulis atau mengetik partitur lagu not angka ini.

Contoh lagu yang diketik dengan not angka (klik pada gambar untuk membesarkan dan saat gambar sudah muncul bisa dizoom – diperbesar dengan mengeklik pada gambar) :

KEBYAR-KEBYAR_Page_1

Menulis / Mengetik Partitur Lagu Not Balok

Cara yang paling mudah untuk menulis partitur lagu adalah dengan menggunakan not balok. Not balok digunakan sebagai standar internasional untuk para penyanyi dan musisi. Karena standar internasional inilah maka banyak pengembang atau developer yang membuat software atau program komputer khusus untuk menulis not balok.

Tidak banyak hal yang bisa disampaikan disini mengenai cara menulis atau mengetik partitur lagu dengan not balok, karena semuanya sudah tersedia pada program komputer atau software penulisan not balok itu sendiri.
Contoh software atau program komputer yang digunakan untuk menulis atau mengetik partitur lagu dengan not balok :

  • Sibelius
  • Finale
  • MuseScore (OpenSource, free download dan ada versi portable yang tidak perlu diinstall di komputer)
  • Encore
  • dan lain-lain.

Contoh lagu yang diketik dengan not angka (klik pada gambar untuk membesarkan dan saat gambar sudah muncul bisa dizoom – diperbesar dengan mengeklik pada gambar) :

WEDDING PRAYER_Page_1

7 thoughts on “Menulis Atau Mengetik Partitur Lagu Not Angka Dan Not Balok

  1. dimanakah bisa saya beli software / program untuk penulisan not balok, trims infonya.

    Liked by 1 person

  2. Sangat bermanfaat sharingnya… salam kenal.. sukses slalu

    Like

  3. Inginkan lagu2 utk paduan suara kristen

    Like

Leave a comment